Tjahjo Kumolo

Di Masa Jokowi Tak Pernah Terbitkan HGU dalam Jumlah Besar

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa wajar bila Joko Widodo mengungkap kepemilikan ratusan ribu hektar lahan berstatus HGU (Hak Guna Usaha) yang kini dipegang Prabowo Subianto dalam debat presiden kedua beberapa waktu lalu.

Karena menurut Tjahjo Kumolo pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla sekarang berprinsip tak pernah terbitkan HGU dengan luas lahan yang besar.

“Pada prinsipnya pemerintahan Jokowi tak pernah terbitkan HGU dalam jumlah besar,” ungkap Tjahjo ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf pun sempat mengatakan bahwa perusahaan milik Prabowo PT Tusam Hutani Lestari yang mengelola lahan seluas 120 ribu hektar itu pun sempat bermasalah.

Karena melakukan penebangan-penebangan hutan tanpa menanamnya kembali.

Menanggapi informasi tersebut Mendagri pun enggan berandai-andai jika ada oknum pegawai negeri sipil (PNS) yang terlibat dalam masalah tersebut.

Ia menegaskan bila memang ada PNS yang terlibat ‘kongkalikong’ dengan perusahaan itu dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum.

“Tapi jangan hanya katanya, harus ada laporan dan kami serahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum,” pungkas Tjahjo. (Tribunnews)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *