Tjahjo Kumolo

Deteksi Dini, Mendagri Minta Siskamling Dikembangkan

Tito Karnavian, Tjahjo Kumolo, dan Gatot Nurmantyo. (Antara)

Tito Karnavian, Tjahjo Kumolo, dan Gatot Nurmantyo. (Antara)

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta agar kepala daerah membentuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida) hingga tingkat kecamatan. Dengan begitu, seluruh lapisan masyarakat dapat melakukan deteksi dini terkait adanya ancaman terorisme.

“Forkopimda dibentuk sampai tingkat kecamatan,” kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (21/12).

Dia juga berharap agar kepala daerah meningkatkan koordinasi dengan pihak keamanan, termasuk tokoh-tokoh agama, masyarakat dan adat. Demikian halnya dengan setiap pengambilan keputusan politik pembangunan tingkat provinsi, kabupaten dan kota sampai kecamatan. “Libatkan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat. Antisipasi dini, jaga stabilitas politik di daerah,” ujarnya.

Menurutnya, sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RT/RW juga perlu dikembangkan kembali. “Siskamling bagian dari deteksi dini,” ucapnya.

Seperti diberitakan, Detasemen Khusus (Densus) 88/Antiteror menggerebek terduga teroris di Kampung Curug RT 2 RW 1, Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan Rabu (21/12). Dalam penggerebekan yang diwarnai baku tembak itu satu orang terduga teroris berinisial Adam berhasil diamankan. Sementara itu tiga terduga teroris lainnya bernama Omen, Irwan, dan Helmi tewas dalam baku tembak.

Secara terpisah, Densus juga menangkap seorang terduga teroris di Desa Ajibaho Kecamatan Biru Biru, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut). Penangkapan itu diduga berdasarkan pengembangan dari lanjutan pemeriksaan terhadap terduga teroris yang merencanakan aksi teror di Istana Negara dan rumah ibadah saat perayaan Natal.

Sumber: BeritaSatu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.