Tjahjo Kumolo

Catatan Mendagri Dalam Musrenbang RPJMD DKI Jakarta

POIN-POIN SAMBUTAN MENDAGRI
MUSRENBANG RPJMD PROVINSI DKI JAKARTA PERIODE TAHUN 2017-2022
Jakarta, 27 Desember 2017

I. PENGANTAR
1. Forum Musrenbang RPJMD ini mempunyai arti penting dalam rangkaian penyusunan dokumen perencanaan daerah Provinsi DKI Jakarta, sebab melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap materi rancangan RPJMD Provinsi DKI Jakarta Periode tahun 2017-2022.
2. Dalam membahas Rancangan RPJMD Provinsi DKI Jakarta Periode tahun 2017-2022, diharapkan kepada semua pihak supaya mensinergikan pencapaian target program dan kegiatan pembangunan daerah dengan pembangunan nasional Tahun 2015-2019.
3. Kepada Pimpinan dan Anggota DPRD dan seluruh pemangku kepentingan lainnya yang hadir dalam musrenbang ini, diharapkan dapat memberi saran dan masukan atas Rancangan RPJMD Provinsi DKI Jakarta Periode Tahun 2017-2022, serta mengawal konsistensi antar dokumen perencanaan, konsistensi antara dokumen perencanaan dan penganggaran, dan konsistensi pelaksanaannya.

PENEKANAN
1. Agar RPJMD Provinsi DKI Jakarta Periode Tahun 2017-2022 dapat ditetapkan sebelum berakhirnya batas waktu penetapan yaitu 6 (enam) bulan setelah kepala daerah dilantik;
2. Agar RPJMD berpedoman pada RPJMN Tahun 2015-2019 dan memperhatikan RPJMD daerah lain yang berbatasan, sehingga tercapai sinkronisasi perencanaan pembangunan nasional dan Daerah;
3. Agar RPJMD disusun berdasarkan data dan informasi yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan Daerah; dan
4. Merencanakan dan mengimplementasikan pembangunan yang mampu menjawab masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

TJAHJO KUMOLO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *