Tjahjo Kumolo

Catatan dan Pendapat Mendagri Terkait Masih Adanya OTT Kepala Daerah Oleh KPK

Sebagai Mendagri, saya merasa sedih dan prihatin. Selama 4 tahun sebagai Mendagri, saya selalu mengingatkan semua kepala daerah untuk berhati-hati terkait area rawan korupsi yang utama, yaitu perencanaan anggaran dan terkait fee proyek dan anggaran yang menyimpang dari peraturan yang ada, serta terkait masalah kebijakan sumber daya alam, infrastruktur, birokrasi dan pendidikan. Sebagai Mendagri juga mengingatkan jajaran Kemendagri.

Hal tersebut di atas akan bisa diatasi dengan baik kalau seluruh mekanisme pengambilan keputusan sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan yang ada, serta konsisten menerapkan mekanisme melalui PTSP dan menerapkan e-budgeting dan e-planning di semua bidang.

Hal-hal tersebut di atas juga selalu terus diingatkan Bpk Presiden Jokowi dan Bpk Wapres Jusuf Kalla kepada saya, jajaran Kemendagri dan pemerintah daerah dalam upaya membangun transparansi, kepercayaan publik terkait pelayanan masyarakat.

Mendagri dan kepala daerah harusnya tidak perlu takut mengambil sebuah kebijakan atau keputusan politik pembangunan sepanjang mengikuti peraturan dan perundang-undangan, dan berbagai mekanisme pelayanan masyarakat yang transparan.

Kasus-kasus OTT dalam jajaran Kemendagri dan Pemda harus sudah diakhiri, mengingat sudah cukup banyak pemangku kebijakan yang terkena masalah hukum.

Terimakasih.

Tjahjo Kumolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *