Tjahjo Kumolo

Berita Warga di Palu Dibebaskan Ambil Barang di Minimarket Adalah Tidak Benar

Berita ihwal dibebaskannya masyarakat di Palu, Sulawesi Tengah, mengambil barang di minimarket karena telah ditanggung pembayarannya oleh pemerintah, adalah tidak benar.

Yang sebenarnya adalah bahwa saya minta Pemda untuk memfasilitasi beli minuman, makanan, di toko-toko yang ada meski tutup. Dan berikan dulu kepada pengungsi dan korban yang dirawat di rumah sakit.

Saya meminta Pemda untuk mencari pemilik toko, lalu beli minuman dan makanan yang ada di toko yang tutup tersebut. Kemudian bagikan kepada korban gempa. Dan saya minta pengawalan Satpol PP dan Polri dalam pembelian dan pembagiannya.

Saya mengeluarkan perintah tersebut karena saat meninjau korban gempa dan tsunami di rumah sakit, saya melihat masyarakat korban bencana saat itu membutuhkan bantuan makanan dan minuman. Namun, hampir semua toko tutup dan listrik padam.

Jadi, kondisi sedang darurat. Darurat listrik mati dan bantuan makanan, minuman dari daerah tetangga belum masuk. Baru masuk dari daerah tetangga pada malam hari.

Karena itulah saya minta langsung ke Gubernur, beli minuman dari toko yang tutup. Uang gotong royong. Kemendagri ikut beli juga.

Mendagri Tjahjo Kumolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *