Tjahjo Kumolo

Aparatur Sipil Negara Tak Netral saat Pilkada Bisa Dipecat

JAKARTA – Aparatur sipil negara (ASN) akan menerima hukuman tegas jika terbukti terlibat dalam proses pemenangan pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Begitu pula calon petahana akan mendapat sanksi serupa jika menggunakan fasilitas negara dalam memenangkan pemilihan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan, akan bersinergi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam mengawasi netralitas ASN. Menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga akan menggandeng stakeholder terkait lain demi menciptakan pilkada yang transparan dan adil.

“Sampai ada yang bisa dipecat juga. Kemarin satu sekda tingkat dua terpaksa kita berhentikan gitu saja,” ujar Tjahjo dalam peluncuran iNews.id di Lobi iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Dia mengatakan, Kemendagri akan bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengawasi akun media sosial para ASN yang berpotensi digunakan untuk kepentingan politik.

Tjahjo mengungkapkan, pelanggaran ASN yang ditemuinya tidak sebatas bersikap tidak netral. Ada oknum ASN yang berani menggelembungkan penyerapan dana hibah dan bantuan sosial (bansos) jelang akhir tahun mendekati pilkada.

“Tapi sekarang sudah mulai hati-hati semua kepala daerah, karena dana bansos dan hibah sudah masuk area rawan korupsi. Perencanaan anggaran dana hibah dan dana bansos kemudian yang berkaitan dengan dana pajak dan retribusi yang berkaitan dengan lelang jasa dan barang itu juga masuk area rawan korupsi,” katanya.

Mendagri meyakini, setiap tahun jumlah ASN yang tidak netral berkurang. Namun, tetap saja ada ASN yang memilih berpihak kepada salah satu paslon dengan spekulasi harapan bisa mendapat kenaikan pangkat.

“Biasanya ASN di daerah itu berspekulasi. Siapa tahu menang, siapa tahu dia bisa naik pangkat. Tapi kenaikan pangkat itu sudah mulai diatur Kemenpan dengan bijaksana,” ujarnya. (iNews.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *