Tjahjo Kumolo

Anak Panjat Tiang Bendera, Mendagri: Rutinitas Jangan Menghilangkan Kewaspadaan

Jakarta – Viral video anak berpakaian SMP memanjat tiang bendera yang begitu tinggi untuk menjaga Merah Putih bisa dikibarkan. Tanpa rasa takut, dia sampai ke tiang paling atas yang begitu tinggi guna membenarkan tali yang menjadi sebab macetnya pengibaran bendera saat upacara memperingati kemerdekaan RI di Atambua. Terakhir diketahui anak tersebut bernama Yohannes Andigala, siswa kelas satu SMP Negeri Silawan.

Peristiwa mendebarkan sekaligus mengharukan dari anak SMP yang bertubuh kecil tapi mempunyai semangat luar biasa itu mendapat perhatian dari Mendagri Tjahjo Kumolo. Bagi Mendagri, peristiwa tersebut memberikan pemahaman bahwa selalu diperlukan check and recheck dan jangan terlena dengan rutinitas yang potensial mengurangi kewaspadaan.

Dalam substansinya, ujar Mendagri, hidup ini adalah suatu tantangan berkelanjutan, baik tantangan terduga maupun tantangan tak terduga. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan diri paling tidak secara mental, meskipun dalam pelaksanaannya tentu diperlukan ketrampilan teknis yang khusus.

“Kombinasi dari yang tak terduga dan yang terduga, seperti dalam macetnya tali bendera yang kemudian bisa diselamatkan oleh seorang anak memberikan pemahaman bahwa selalu diperlukan check and recheck dn jangan terlena dengan rutinitas yang potensial mengurangi kewaspadaan,” ujar Tjahjo.

One Response to Anak Panjat Tiang Bendera, Mendagri: Rutinitas Jangan Menghilangkan Kewaspadaan

  1. hj dewi siegeng sarjadi 18/08/2018 at 11:26

    MERDEKA

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *