Tjahjo Kumolo

Mendagri Ajak Politisi Beradu Gagasan daripada Menebar Fitnah

Mendagri Tjahjo Kumolo dan Presiden Joko Widodo di Rapimnas I Partai Hanura (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Mendagri Tjahjo Kumolo dan Presiden Joko Widodo di Rapimnas I Partai Hanura (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta para politisi beradu konsep dan gagasan membangun negara dalam sistem pemerintahan presidensial yang efektif dan efisien.

Pernyataan Tjahjo ini menanggapi sejumlah perkataan politisi yang belakangan ini membuat suasana politik memanas.

“Saya sebagai Mendagri mengharapkan mari kita adu konsep dan program membangun negara dengan baik dalam sistem pemerintahan presidential yang efektif serta efisien,” kata Tjahjo usai menjadi pemateri dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Hanura di Bali, Jumat (5/8) seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, Wakil Ketum Gerindra Arief Puyono melontarkan pernyataan membandingkan PDIP dengan PKI.

Tjahjo berharap politisi jangan menebar kebencian, fitnah, ataupun tuduhan tidak berdasar seperti mengaitkan sebuah partai politik dengan PKI.

Menurutnya, pernyataan seperti itu merupakan pelanggaran hukum. Sebab ada aturan yang mengatur soal ucapan fitnah dan penebaran kebencian.

“Saya kira semacam ini harus disikapi dengan tegas. Ada UU-nya kok menebar fitnah, menebar kebencian,” ujarnya.

Karena itu, dia meminta, ketua umum partai masing-masing untuk bisa mengimbau kadernya untuk berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan. (Kumparan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>