Tjahjo Kumolo

Kerja Bareng BIN, Tjahjo Pantau Empat Ormas Anti Pancasila

Mendagri Tjahjo Kumolo kemendagri

Jakarta – Pemerintah tidak ingin main-main dengan adanya organisasi kemasyarakatan (ormas) yang anti terhadap Pancasila. Karena itu Kementerian dalam negeri tidak akan segan-segan membubarkan organisasi tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, masih banyak ada ormas yang diduga memiliki paham anti terhadap Pancasila tersebar di empat atau lima provinsi di Indonesia. Sehingga pemerintah harus bergerak dengan cepat.

“Jumlahnya tidak banyak, cuma di bawah lima  saja, skalanya kecil,” ujar Tjahjo di Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/8).

Saat ini ungkap Tjahjo, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Badan Inteli?jen Negara (BIN), Polri dan Kejaksaan Agung mengenai keberadaan ormas tersebut.

Pasalnya, lanjut mantan Sekjen PDIP itu, apabila membubarkan suatu ormas pemerintah harus memiliki bukti kuat seperti kegiatan ormas tersebut apakah bertentangan dengan Pancasila.

“Nanti hasilnya akan dilaporkan ke Menkopolhukam (Wiranto),” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) juga pernah membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)  yang dinilai anti terhadap Pancasila?.

Pembubaran HTI ini menggunakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Peppu) Nomor 2 Tahun 2017 atau yang disebut Perpu Ormas.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Freddy Harris, mengatakan tindakan tegas yang diberikan kepada ormas HTI sebagai upaya mencegah munculnya penyimpangan atas ideologi Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (JawaPos.Com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>