Tjahjo Kumolo

Kemendagri Akan Tempatkan Para Lulusan IPDN di Desa-Desa

Pelantikan Praja Muda IPDN ke-24 (Foto: Biro Pers Setpres)

Pelantikan Praja Muda IPDN ke-24 (Foto: Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo melantik 2.014 lulusan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di kampus Jatinangor. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan para lulusan ini akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Nanti kami akan tugaskan di seluruh kelurahan, desa, khususnya di perbatasan. Supaya dia siap beradaptasi, bisa menggerakkan, mengorganisasi masyarakat, serta melayani masyarakat dengan baik di daerah perbatasan, di daerah terluar,” kata Tjahjo usai pelantikan para Praja IPDN angkatan XXIV di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat, Selasa (8/8).

Tjahjo menyebut para praja itu sebagai pelopor revolusi mental, sehingga tak harus ditempatkan di kampung halaman masing-masing. Di manapun harus siap mengabdi.

“Tidak harus (ke daerah asal), tidak mutlak, sebab semua sama. Ditempatkan di mana saja sama. Itu saja intinya. Kan semua sama, warga Indonesia, sehingga tak ada lagi berpikir melayani masyarakat di daerahnya. Melayani masyarakat di sukunya, sama, semua harus dilayani dengan baik,” paparnya.

Tjahjo berharap lulusan IPDN dapat bersinergi dengan lulusan Akmil dan Akpol di masyarakat. “Harapannya dua tahun lagi mereka (praja) camat, taruna akpol jadi kapolsek, dan akmil jadi danramil, dan bisa bersatu,” tuturnya.

“Baru kali ini ada devile karena program yang selama 6 bulan akmil dan akpol, sudah ketat selama 4 tahun tak ada indikasi yang narkoba, tak ada perkelahian, tak ada pemukulan,” imbuh Tjahjo. (Kumparan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>