Tjahjo Kumolo

Tidak Ada Barter Pasal RUU Pemilu

tjahjo-kumolo2

Mencermati pemberitaan media cetak pagi ini :

Menurut yang saya pahami dalam pembahasan awal Tim Invetarisasi, isu krusial dalam Panja RUU Pemilu sampai sekarang tahap Tim Perumus Umum antara DPR dan Pemerintah, TIDAK ADA ISTILAH BARTER PASAL antara fraksi-fraksi apalagi dengan Pemerintah.

Semua anggota Pansus dan Pemerintah semangat melaksanakan Pembahasan revisi UU Pemilu menyongsong Pileg dan PilPres serentak untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan memperkuat sistem pemerintahan Presidensiil. Ini komitmennya sampai sekarang. Soal ada kepentingan strategis Parpol yang diperjuanglkan dalam Pansus/Panja sah dan wajar-wajar saja karena Pileg dan PilPres adalah “Rejim ParPol” dan dalam pembahasan sepakat mengakomodir aspirasi parpol dan aspirasi masyarakat serta aspirasi pengamat, elemen-elemen demokrasi dan Perguruan Tinggi.

Finalisasi pembahasan RUU Pemilu tetap dalam semangat kompromi musyawarah mufakat. Kalau harus pengambilan keputusan berdasar suara terbanyak, ada mekanisme akhir di Paripurna DPR. Yang jelas Pemerintah dan Pansus sepakat fokus dan tidak ada istilah Barter Pasal atau bermain akrobatik politik.

Apapun dalam Pileg dan Pilpres legalitas penuh pada masyarakat pemilih dalam menentukan siapa jadi Presiden/Wapres dan siapa jadi anggota DPD/DPR/DPRD dan Parpol mana yang akan mendapatkan tiket dukungan/legitimasi masyarakat pemilih Indonesia: siapa/Parpol apa yang dapat lolos ke lembaga legislatif pusat/daerah dan Parpol mana yang berhak mengusung calon Presiden dan Capresnya. Bisa parpol tunggal atau koalisi beberapa partai politik mengusung calon Presiden/Wapresnya.

Demikian. Terimakasih.

-Tjahjo Kumolo-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>