Tjahjo Kumolo

Semua Loyal Pada Presiden, tapi Isu Dinamika Politik Terbiasa di Indonesia

Loyal Pada Presiden

Pendapat saya terkait isu “Panglima TNI dan Kapolri”, mereka berdua adalah mitra yang satu dan kompak dalam menjaga pemerintahan, masyarakat dan NKRI sesuai koridor UU.

Setiap langkah, pernyataan, berkunjung dan atau berdialog ke berbagai pihak, mereka (Kapolri, Panglima TNI, Menko PolHukKam) pasti sudah seijin atau sepengetahuan dan selalu melaporkan kepada Bp Presiden.

Tidak mungkin Panglima TNI khususnya melangkah terjun ke ulama, pesantren, kampus atau ke media, kalau diundang, sudah pasti seijin/perintah Bp Presiden. Saya sebagai Mendagri juga selalu diinfokan, saling koordinasi, saling chek richek terhadap setiap gelagat perkembangan dinamika yang ada. Jadi clear.

Soal banyak yang berasumsi macam-macam, ya wajar-wajar saja. Namanya dunia politik Indonesia. Karena, jabatan Kapolri, Panglima TNI, Menko Polhukam, Mendagri, Menlu, dan Manhan, dimanapun (khususnya di Indonesia) adalah jabatan yang bisa dimanuverkan bermacam arti. Tapi  saya meyakinkan semua pihak bahwa Menkopolhukam, Panglima TNI, Kapolri, Mendagri, semua Menteri, Kepala Staf TNI, semua kompak patuh setia di belakang kepemimpinan nasional Bp Presiden Jokowi. Semua menjaga loyalitas penuh kepada Bp Presiden RI.

Maaf saya menyampaikannya –kalau Panglima TNI dan Kapolri tidak loyal pada Presiden, maka kegiatan sholat Jumat di Monas yang lalu pasti ada insiden Nasional. Tapi Kapolri dan Panglima TNI khususnya di bawah koordinasi Menko Polhukam tetap menjaga kehormatan dan kewibawaan pemerintah, NKRI dan Bp Presiden Jokowi. Saya menjamin ini. Soal banyak orang curiga, cemburu, was-was dengan manuver Panglima TNI dan Kapolri  khususnya, itu wajar saja. Ini dinamika politik yang terbiasa di Indonesia.

Terimakasih perhatiannya.

–Tjahjo Kumolo–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>