Tjahjo Kumolo

Mendagri Menpan Sepakat Percepat Penggunaan E-Goverment

Mendagri beritasatu

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RB Asman Abnur di Kantor Kemenpan Rabu (17/5). Hasilnya, pemerintah akan mempercepat penggunaan E-goverment di daerah.

Tjahjo menjelaskan, tata kelola pemerintahan daerah masih banyak yang belum baik. Tak ayal, berdasarkan penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), mayoritas mendapat nilai C.

“Duitnya habis, tapi hasilnya tidak maksimal. Pak Jokowi minta di tingkatan,” ujarnya usai pertemuan.

Nah, jika digunakan E-goverment, dia optimis bisa lebih efisien dan efektif dalam penganggarannya. Selain itu, juga lebih transparan sehingga masyarakat bisa ikut memantau.

Politisi PDIP itu menjelaskan, dari 500 lebih Kabupaten/kota yang ada saat ini, baru segelintir saja yang menggunakan. Seperti Kota Bandung dan Kota Surabaya.

“Daerah lain tidak udah malu belajar ke kota tersebut. Masa tiap tahun yang dapat penghargaan kota isu-isu saja,” pungkasnya.

Selain e-goverment, sejumlah persoalan lain juga disampaikan dalam pertemuan tersebut. Di antaranya terkait kepegawaian hingga administrasi pemerintahan.(JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>