Tjahjo Kumolo

Mendagri: Kekurangan Blangko e-KTP akan Diselesaikan Tahun Ini

Mendagri Detik

Tulungagung – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menargetkan kekurangan blangko e-KTP di sejumlah daerah akan terpenuhi tahun ini. Distribusi blangko e-KTP ditargetkan selesai pada Oktober 2017.

“Tahun ini akan selesai. Akhir Maret sudah tercetak sekitar 7 juta-an keping, untuk mencukupi permintaan daerah yang kemarin itu hanya memiliki surat keterangan 4,6 juta,” ujar Tjahjo di sela pengukuhan pengurus pusat Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (13/5/2017).

Menurutnya, seluruh kekurangan blangko e-KTP akan tercukupi pada bulan Oktober 2017. Bila proses percetakan rampung dilakukan, maka seluruh e-KTP baru tersebut akan langsung didistribusikan ke masing-masing daerah.

“Mudah-mudahan bisa selesai, termasuk akta kelahiran. Di Tulungagung sini datanya sudah melebihi nasional, nasional 97 persen, di sini sudah 98 persen,” sebut Tjahjo.

Sebagian besar kabupaten/kota di Indonesia mengalami kekurangan blangko e-KTP akibat tersendatnya distribusi. Kondisi ini membuat para pemohon belum mendapatkan e-KTP.

Kondisi ini ditangani pemerintah daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan cara menerbitkan suat keterangan (suket). (DETIK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>