Tjahjo Kumolo

Ini Pesan Mendagri Terhadap Kepala Daerah yang Akan Dilantik

(foto RRI)

(foto RRI)

JAKARTA – Pemerintah akan segera mengkukuhkan kepala daerah hasil Pilkada serentak 2017. Pelantikan telah dijadwalkan dalam tiga tahap sesuai berakhirnya masa jabatan tiap-tiap kepala daerah.

Beberapa kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Mei dan akan dilantik, Jumat (12/5/2017) besok adalah Gubernur Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat, ditambah Wakil Gubernur Riau yang kosong.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pasangan gubernur terpilih yang sebentar lagi dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mampu menjaga amanah serta konsisten menjalankan aspirasi masyarakat daerah.

“Pertama atas nama pemerintah mengucapkan selamat bertugas dan jaga amanah aspirasi masyarakatnya di daerah,” ucap Tjahjo, Jakarta, Kamis (11/5/2017).

Kata bekas Sekjen PDI Perjuangan itu, kepala daerah yang sudah resmi dilantik nantinya harus segera melakukan koordinasi dengan jajaran DPRD, Forkopimda, dan seluruh elemen masyarakat guna menjaga stabilitas daerah.

Selain itu, jajaran pejabat Pemda juga harus segera  digerakkan dan diorganisir untuk memastikan seluruh program strategis baik tingkat pusat maupun provinsi, kabupaten dan kota sampai tingkat desa dapat terlaksana sesuai jadwal yang ada.

“Dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan keadilan, pertumbuhan, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat dengan memastikan program infrastruktur sosial dan infrastruktur ekonomi berjalan tepat waktu di daerah dan optimalisasi penyerapan aggarannya,” sambungnya.

Berikutnya lanjut dia, kepala daerah terpilih harus menginventarisir janji-janji kampanyenya yang pernah disampaikan selama Pilkada. Janji kampanye sebaiknya segera dituangkan dalam APBD perubahan untuk mempercepat realisasi program pemerintah daerah.

“Kepala daerah harus mendengarkan, memahami dan menjalankan apa arahan Bapak Presiden pada acara pelantikan gubernur dan wagub serta wagub antar waktu yang direncanakan besok siang,” kata Tjahjo. (TimesIndonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>