Tjahjo Kumolo

Berita Aktivasi KTP-el sebelum 2013 Adalah HOAX

e-KTP

Info, perihal adanya pemberitaan di Medsos tentang perlunya aktivasi bagi KTP-el (E-KTP) yang dicetak sebelum 2013 (ada masa berlakunya), maka perlu kami tegaskan beberapa hal sebagai berikut:

1. Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah melakukan pencermatan terhadap berita tersebut dan kami pastikan bahwa berita tersebut BUKAN bersumber dari Kemendagri cq Dukcapil dan mengandung banyak kebohongan (HOAX).
2. Sesuai Pasal 101 huruf c, UU 24/2013 tentang Adminduk, menegaskan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup.
3. Dengan demikian, KTP-el yang sudah habis masa berlakunya TIDAK perlu lagi dilakukan aktivasi.
4. Ditjen DukCapil Kemendagri segera akan menyiapkan edaran dan press release untuk disampaikan   mencegah hal ini meluas dan merugikan masyarakat.

Catatan:
Diantara sekian banyak KTP-el yang diterbitkan di daerah (khususnya saat perekaman dan pencetakan massal 2011-2012), ada KTP-el yg telah dicetak/diprint, NAMUN tidak diikuti proses INCODE (pengisian data penduduk pada cip) karena  kelupaan/terburu-buru. Untuk kasus seperti ini, bila dilakukan pembacaan melalui Card Reader, data yang bersangkutan TIDAK akan terbaca.

Demikian info.

Terimakasih perhatiannya.

–Tjahjo Kumolo–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>