Tjahjo Kumolo

Mendagri Ingatkan Masyarakat Waspada Calo e-KTP

e-ktp-contohTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengimbau masyarakat memahami masa berlaku kartu tanda penduduk elektronik mereka atau e-KTP.

Sebab walau dalam kartu tertera masa berlaku, namun sebenarnya di sistem Kementerian Dalam Negeri, e-KTP telah ditetapkan berlaku seumur hidup pemakai.
informasi yang masih belum dipahami masyarakat ini kerap dimanfaatkan calo untuk menarik sejumlah uang.

Tujuannya yakni membuatkan pengguna jasa calo sebuah e-KTP, yang sebetulnya tidak habis masa berlakunya.

“Oleh karena itu, bagi anda yang belum tau hal ini, jangan mau jika anda dimintai uang oleh calo ataupun oknum petugas untuk mengurus dan membuat e-KTP yang baru lagi. e-KTP yang sekarang dibagian masa berlakunya memang tertulis berlaku Seumur Hidup, namun untuk yang sudah kadaluarsa pun masih sah dan tetap berlaku,” kata Tjahjo kepada wartawan, Kamis (28/1/2016).

Masyarakat juga diminta tak perlu takut dan khawatir ditolak, saat menunjukkan e-KTP sewaktu ada razia kepolisian atau-pun disaat mengurus surat-surat penting di kantor/lembaga manapun.

Ketentuan tersebut sudah diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013 yang termuat dalam Pasal 64 ayat 7 a.

“Jadi, warga yang KTP elektronik-nya masa berlakunya habis selama itu tidak rusak, tidak usah melakukan perpanjangan. Itu berlaku seumur hidup,” kata mantan Sekjen PDIP tersebut.
Tjahjo menilai info kadaluarsa e-KTP perlu disampaikan, mengingat beberapa kasus ada yang masih belum tahu soal aturan itu.

Sehingga banyak warga yang melakukan perpanjangan e-KTP yang masa berlakunya habis dan dipunguti biaya oleh calo ataupun petugas untuk membuat e-KTP baru yang tercantum masa berlaku seumur hidup.

Sumber: tribunnews.com, Kamis, 28 Januari 2016 13:55 WIB

 

 

 

One Response to Mendagri Ingatkan Masyarakat Waspada Calo e-KTP

  1. efprianto 29/01/2016 at 17:21

    yth. Bapak Kemendagri: kaitan dgn e-KTP yang sudah habis masa berlaku, oleh bapak disebutkan tidak usah diperpanjang karena masih berlaku: pertanyaan saya pak: bagaimana kami mau berurusan dengan instansi yg meminta KTPnya harus Hidup, seperti pengurusan SIM, BANK dan surat keterangan lainnya, IMB, dll trims pak berkenan kirnya dikeluarkan surat resmi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>