Tjahjo Kumolo

Kemendagri Percepat Pelantikan Kepala Daerah yang tak Bersengketa

tjkLENSAINDONESIA.COM: Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo berencana mempercepat pelantikan kepala daerah terpilih pada hasil pilkada serentak 2015. Percepatan tersebut, dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah.

“Tujuan 9 Desember pilkada serentak, Januari dilantik langsung kerja,” ujar Tjahjo di Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Dijelaskan Tjahjo, kekosongan kepala daerah definitif mempunyai dampak melambannya pembangunan. Untuk itu, bagi daerah yang tak bersengketa, percepatan pelantikan dinilai jauh lebih baik.

“Kan kasihan yang tidak ada sengketa. Kelamaan penjabat nanti seenaknya sendiri. Kalau sudah dilantik kan bisa langsung kerja, sehingga penyerapan anggaran akan lebih baik. Kalau ada RAPBD-P juga sudah dilakukan,” terang politisi PDIP ini.

Tjahjo menegaskan, tidak akan ada dampak negatif yang signifikan dengan adanya percepatan pelantikan tersebut. Dia menambahkan, bahwa presiden menyerahkan penjadwalan pelantikan kepada Kemendagri.

Dia mengaku, berencana akan menjadwalkan pelantikan kepala daerah secara dua tahap. Tahap pertama pelantikan daerah yang tidak ada sengketa pilkada, akan dijadwalkan akhir Januari ini. Sedangkan bagi daerah yang bersengketa akan dijadwalkan Maret setelah putusan Mahkamah Konstitusional (MK).

“Saya sudah mempersiapkan surat kepada KPU agar penetapan calon segera dilakukan. Setelah itu baru merencanakan pelantikan. akhir januari untuk daerah yang tidak sengketa pilakda,” pungkas Tjahjo.

Sumber: lensaindonesia.com, Selasa, 05 Januari 2016 16:14 WIB

One Response to Kemendagri Percepat Pelantikan Kepala Daerah yang tak Bersengketa

  1. Pingback: Kemendagri Percepat Pelantikan Kepala Daerah yang tak Bersengketa - Kesbangpol Provinsi Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>