Tjahjo Kumolo

Mendagri Tekankan Pentingnya Bangun Kawasan Perbatasan

tjk[MALINAU] Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menekankan pentingnya membangun perbatasan. Hal itu disampaikan Tjahjo saat menjadi inspektur upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-70, di Desa Long Nawang, Malinau, Kalimantan Utara, Senin (17/8).

“Pada HUT RI ke-70 ini saya ingin ingatkan, posisi Malinau serta kawasan perbatasan lain merupakan daerah yang strategis. Sebagai pintu gerbang lintas negara, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan,” kata Tjahjo.

Desa Long Nawang berada di kecamatan Kayan Hulu. Desa ini berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia.

“BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) telah menetapkan Kayan Hulu di antara 187 kecamatan perbatasan lain sebagai lokasi prioritas yang harus ditangani khusus dan segera. Artinya, seluruh program daerah harus membangun kawasan strategis nasional seperti di Long Nawang ini,” ujar Tjahjo.

Dia menambahkan, anggaran pusat akan lebih banyak untuk daerah, desa dan kelurahan. Karena itu, lanjutnya, peran partisipasi mayarakat dan pemerintah perlu ditingkatkan. “Peningkatan efektivitas dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik, mewujudkan reformasi birokrasi dan memperkuat otonomi daerah khususnya di perbatasan,” imbuh Kepala BNPP ini.

Dia juga mengimbau masyarakat Malinau untuk menjaga dan memelihara batas wilayah negara. “Bersama TNI dan Polri, kita jaga kedaulatan negara kita,” imbaunya.

Sumber: sp.beritasatu.com, Senin, 17 Agustus 2015 | 17:57

One Response to Mendagri Tekankan Pentingnya Bangun Kawasan Perbatasan

  1. Elia Djalung 15/12/2015 at 21:18

    bpk mendagri yth, dgn kehadiran bpk menteri dalam negeri kewilayah perbatasan khusunya ke long nawang, sgt besar harapan kami masyarakat disana bisa setara taraf hidup kesejahteraannya dg sdr kami diperkotaan apa yang bapak janjikan sgt2 membuat kami merasa puas, walau blm kami nikmati…harapan kami warga dipenghujung perbatsan malaysia nantinya bisa hidup layak, apalagi jangkauan akses kami ke wilayah perkotaan untuk memenuhi keb hidup kami sgtlah jauh dari pusat kota. semoga harapan dan impian kami jadi kenyataan dgn komitmen bpk menteri dalam membangun desa diwilayah perbatsan ini. terimakasih sebelumnya pak menteri.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>