Tjahjo Kumolo Sekjen PDI Perjuangan

Jokowi Masuk Daftar 25 Walikota Terbaik di Dunia

WartaNews, Jakarta – PDI Perjuangan (PDI-P) mengaku bangga terhadap Joko Widodo (Jokowi), yang masuk dalam nominasi 25 wali kota terbaik dunia versi Lembaga City Mayors Foundation.

“Ini artinya PDI Perjuangan dan Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri tidak salah menjagokan Jokowi untuk menata Jakarta baru,” tegas Sekjen PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa (19/6).

Dia mengakui PDI perjuangan sudah memantau cara Jokowi memimpin Kota Solo yang kompleksitasnya begitu besar. Partai berlambang banteng itupun menilai Jokowi akan mampu memimpin daerah seperti Jakarta yang juga kompleks.

“Jakarta perlu dipimpin gubernur tipe Jokowi untuk mengurai masalah kemacetan, kebanjiran, dan lain-lain. Prinsip kepemimpinannya yang mau mendengar masyarakat sebelum mengambil keputusan patut dihargai,” tutur dia.

Dalam nominasi 25 wali kota terbaik dunia bikinan Lembaga City Mayors Foundation, hanya ada lima nama pemimpin kota terbaik dari Asia termasuk Jokowi.?? City Mayors Foundation menyeleksi nama-nama itu sejak menutup pendaftaran nominasi pada 17 Mei lalu.

Dua bulan lalu, ada tiga nama asal Indonesia terpilih masuk seleksi, yaitu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Namun keduanya hanya masuk daftar 77 nominasi awal dan tidak lanjut hingga tahap akhir seperti Jokowi.??

Dalam pemilihan wakil benua dia masih harus bersaing dengan Wali Kota Tel Aviv Ron Huldai, Wali Kota Angeles Filipina Edgardo Pamintuan, Park Wan-su dari Korea Selatan, dan Melih Gökçek asal Ibu Kota Ankara, Turki.

The City Mayors Foundation merupakan organisasi nirlaba yang didirikan pada 2003 untuk mempromosikan, mendorong, dan memfasilitasi pemerintahan lokal terbuka dan kuat. Dimulai pada 2004, organisasi ini meluncurkan penghargaan World Mayor Prize.

Wali kota asal Eropa tercatat paling sering mendapat nominasi. Tahun ini pun demikian, sebanyak tujuh wali kota dari kota-kota besar Benua Biru itu menjadi pesaing Jokowi.

Sumber: wartanews, Selasa, 19 Juni 2012 16:09 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>