Tjahjo Kumolo

PDIP Minta Pemerintah Hentikan Sementara Pengiriman TKI

detiknews – Jakarta – PDI Perjuangan meminta pemerintah menghentikan sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Hal ini harus dilakukan mengingat maraknya penyiksaan terhadap TKI belakang ini.

“Perlu pendataan ulang kembali bagi TKI yang sudah bekerja di luar negeri. Sementara dihentikan dulu yang akan dikirim,” kata Sekjen PDI Perjuangan,  Tjahjo Kumolo, kepada detikcom, Jumat (19/11/2010).

Tjahjo mengatakan, selama proses penghentian sementara itu nantinya diperlukan nota kesepahaman antara Indonesia dan negara penerima TKI.

“Agar kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan, ada jaminan asuransi, kepastian hukum dan negara berhak menuntut pemerintah atau negara yang bersangkutan misalnya,” kata Tjahjo.

“Perlu political will semua pihak untuk menghentikan pola penganiayaan yang semakin hari semakin sering terjadi,” imbuh Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo mengatakan, kasus penganiayaan TKI di luar negeri khususnya di Arab Saudia dan Malaysia menunjukkan begitu lemahnya kontrol negara dalam memonitor warga negaranya. Perlu penataan sistem terpadu antar kementerian dalam pengiriman TKI.

“Agar perlindungan hak-hak sebagai warga negara terjamin di negara tersebut,” kata Tjahjo.

Seperti diberitakan, kasus penganiayaan terhadap TKI terjadi berturut-turut belakangan ini. Setelah Sumiati yang digunting mulutnya, kemarin terungkap Kikim Komalasari yang disiksa, diperkosa, hingga akhirnya tewas dan dibuang di tong sampah di Kota Abha, Arab Saudi. Kedua TKI itu diduga dianiaya majikan.

(lrn/nrl)

Detik.Com  –   Jumat, 19/11/2010 08:30 WIB
Laurencius Simanjuntak – detikNews

5 Responses to PDIP Minta Pemerintah Hentikan Sementara Pengiriman TKI

  1. Sandy 19/11/2010 at 15:12

    seharusnya pemerintah dapat menjamin keselamatan TKI di indonesia, di sana kan ada kedutaan kita kenapa ko melempem lebih tegas dong. sandy palembang

    Reply
  2. Dewi 19/11/2010 at 15:15

    Yang kebanyakan menjadi korban TKI kita adalah kaum perempuan….. pemerintah harus cepat tanggap dalam hal ini dan harus berani. dewi di makasr

    Reply
  3. Al Smith 19/11/2010 at 15:23

    kejam banget ya siksaan sumiati sampai di gunting mulutnya, bener kata bapak “Agar perlindungan hak-hak sebagai warga negara terjamin di negara. malu saya sebagai warga indonesia yang tidak pernah dapat perlindungan dari pemerintah

    Reply
  4. endira 19/11/2010 at 15:37

    Lagi2 masalah TKI, apakah bangsa indonesia ini menjadi agency pembatu apakah kita gak malu :( udah lama merdeka KO masih terjajah. bapak dewan yang terhormat tolong degarkan aspirasi kami. endira jakarta

    Reply
  5. maz BUDZ 20/11/2010 at 15:03

    sebenernya ini kan sudah lama terjadi berkali-kali, hanya diplomasi pemerintah RI saja yg sangat lemah. atau memang diplomat kita pada males ngurusin TKI yg dianggap hanya sebagai pembantu. tapi di sisi lain (dianggap)sebagai pahlawan devisa.

    Ini juga tidak terlepas dari kesalahan pemerintah dan agen penyalur tenaga kerja yg tidak benar2 mempersiapkan Tenaga Kerja yg trampil bekerja maupun berbahasa asing (arab/Inggris)

    keliatannya semua hanya berorientasi duit (bisnis) tanpa perduli keselamatan TKI

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>