Tjahjo Kumolo

1 Desember, Selamat Ulang Tahun Pak Menteri…

JAKARTA – Mungkin Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tak akan menyangka, jika hari ulang tahunnya akan dirayakan di tengah acara wayangan. Wayang sendiri merupakan favorit Menteri Tjahjo. Bisa dikatakan, Menteri Tjahjo penggemar berat wayangan. 

Kamis malam, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil menggelar acara wayangan dalam rangka HUT Korpri yang ke 46. Acara wayangan sendiri digelar di halaman gedung Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Dalang yang ditanggap adalah Ki Anom Dwijo Kangko. Malam itu, Ki Anom mementaskan lakon Banjaran Wisanggeni, sebuah kisah wayang yang menceritakan sosok Bambang Wisanggeni, putra ksatria Pandawa Arjuna dengan Dewi Dresanala, putri petinggi dewa kahyangan Batara Brama. 

Sekitar pukul 22.00 WIB, Menteri Tjahjo tiba di tempat acara dan langsung menuju ke depan panggung. Dengan serius ia menyimak lakon wayang. Menjelang pukul 00.00, acara wayang dihentikan sejenak. Pembawa acara pun meminta Plt Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo ke depan panggung. 

Hadi pun beranjak dari duduknya dan langsung menuju ke depan panggung. Setelah itu, ia langsung berbicara. ” Hari ini, sudah masuk hari Jumat, 1 Desember. Hari ini, bapak Menteri ulang tahun yang ke 60 tahun. Semoga tidak berhenti untuk memberi pengabdian kepada bangsa dan negara,” katanya. 

Tepuk tangan bergemuruh. Setelah doa dibacakan,  baru Menteri Tjahjo didaulat maju kedepan panggung. Dari sisi panggung, sebuah meja beroda di sorong. Di atasnya, ada kue ulang tahun lengkap dengan lilin-lilin kecil. Setelah meja berisi kue sudah ada di depan, Menteri Tjahjo pun di persilahkan untuk meniup lilin. Orang nomor satu di Kementerian Dalam Negeri itu pun membungkuk badannya, lalu meniup deretan lilin -lilin kecil yang tertancap di atas kue. 

Tepuk tangan pun kembali bergema. Lagu selamat ulang tahun langsung diperdengarkan. Begitu meriah. Wajah Menteri Tjahjo tampak sumringah. Ia mungkin tak menyangka, akan dapat ucapan selamat ulang tahun di tengah acara wayangan, kesenian yang jadi favoritnya. “Selamat ulang tahun Pak Menteri,”  kalimat itulah yang kemudian banyak diucapkan oleh para pejabat di lingkungan Kemendagri yang hadir di acara wayangan. Satu persatu mereka menyalami Menteri Tjahjo, memberi selamat ulang tahunnya yang ke 60. Seperti diketahui Menteri Tjahjo lahir di Solo, 1 Desember 1959.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *